by

Wujudkan Program #AgroGemilang2019, Karantina Entikong Gelar Sosialisasi Ekspor

SANGGAU – REPORTASE.ID, Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Entikong menggelar kegiatan sosialisasi persyaratan ekspor dan dukungan karantina pertanian dalam menggalakkan akselerasi ekspor komoditas pertanian unggulan di wilayah perbatasan RI-Malaysia, Jumat (22/02) di Kantor Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Kegiatan itu dimaksud dalam rangka mendukung program Kementerian Pertanian dalam aksi #AgroGemilang2019 (Ayo Galakkan Ekspor Milenial Bangsa) yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada tahun 2019.

Peserta kegiatan ini adalah masyarakat petani yang berperan sebagai pelaku usaha budidaya pertanian, pelaku usaha ekspor hasil komoditi pertanian, kelompok swadaya masyarakat yang bergerak dibidang eksportir serta para penyuluh pertanian selaku pendamping petani di lapangan.

Turut hadir pada kegiatan antara lain Kadis DKPTPHP Kabupaten Sanggau, Kepala Pusat Karantina Tumbuhan, camat Entikong yang diwakili oleh kasi Kesra.

Dalam sambutannya Kadis DKPTPHP Kabupaten Sanggau, Ir John Henri, MSi menyampaikan perlunya sinergisitas antara para pelaku utama, pelaku usaha dan pihak pemegang kebijakan di bidang ekspor serta selalu membangun komunikasi yang baik.

Sementara itu Kepala pusat karantina tumbuhan Ir. Endang Suparman, M. S.i menyampaikan peran karantina dalam mendukung akselerasi ekspor komoditas pertanian, dimana diharapkan para pelaku ekspor wajib mengetahui informasi persyaratan komoditas pertanian yang akan di ekspor ke negara tujuan.

“Untuk pelayanan teknis ekspor komoditi pertanian dapat diperoleh dari pelayanan di kantor stasiun karantina pertanian kelas I Entikong,” terangnya. (Agustinus Agus)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed