by

Wawako Singkawang : Ormas Potensi Masyarakat

SINGKAWANG – REPORTASE.ID, Wakil Wali Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Irwan membuka kegiatan sosialisasi kebijakan keormasan dan LSM di Aula Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Singkawang, Selasa (28/8).
“Eksistensi keberadaan Ormas sebagai wadah berserikat dan berkumpul adalah perwujudan kesadaran dan tanggungjawab kolektif warga negara untuk berpartisipasi dalam pembangunan,” kata Irwan.
Ormas/LSM merupakan potensi masyarakat secara kolektif, yang harus dikelola sehingga tetap menjadi energi positif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
“Untuk itu Negara berkewajiban mengakui keberadaannya dan menjamin keberlangsungan hidup Ormas/LSM,” ujarnya.
Disisi lain, katanya, dalam menjalankan hak dan kebebasannya, setiap warga negara baik secara individu maupun kolektif, berkewajiban untuk menghormati hak dan kebebasan orang lain.
“Dalam konteks itu, Negara berkewajiban dan harus mampu mengelola dan mengatur keseimbangan, keharmonisan dan keselarasan antara hak dan kebebasan individu dengan hak dan kebebasan kolektif warga Negara,” ungkapnya.
Terlebih kita semua menyadari bahwa tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan pembangunan daerah dan penyelenggaraan pemerintahan yaitu tata kelola pemerintahan yang baik.
“Tentunya untuk mencapai hal tersebut terdapat tiga pilar yang harus terpenuhi yaitu masyarakat, pemerintah, dunia usaha/swasta dan tokoh-tokoh perorangan atas private,” jelasnya.
Oleh karenanya, dalam pelaksanaan pembangunan menuju tata kelola pemerintahan yang baik, ketiga pilar tersebut bukan dalam posisi yang saling melemahkan, melainkan saling bersinergi dan memperkuat dengan peran dan kedudukan masing-masing.
“Dan pemerintah berusaha terus mendorong agar penyelenggaraan pemerintahan berjalan semakin baik,” katanya.
Dalam kaitan itulah, dia berharap kepada kalangan Ormas/LSM yang ada di Kota Singkawang untuk terus berkiprah dengan menguasai berbagai persoalan yang kita hadapi di daerah kita ini.
“Dan perlu saya kemukakan, bahwa eksistensi sebuah organisasi akan diakui masyarakat jika mampu melakukan upaya-upaya pemberdayaan dan penyadaran masyarakat dan berbagai kegiatan yang manfaatnya dapat dirasakan langsung masyarakat,” ujarnya.
Untuk itu, dia berharap agar Ormas dan LSM dapat menjadi motor penggerak bagi terlaksananya suasana kondusif dalam pembangunan Kota Singkawang. (mc)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed