by

Terkena Gudikan, Peternak Kambing Desa Semanggis Raya Resah

SANGGAU – REPORTASE.ID, Adanya penyakit pada hewan seperti Kambing membuat pemilik gunda gulana. Seperti 9 ekor kambing milik petani, Ibu Tri Asih, warga desa Semanggis Raya, Kecamatan Mukok, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

“Saya sangat resah dan kwatir gunda gulana melihat kondisi 9 ekor kambing yang dengan cepat seluruh tubuhnya terkena penyakit menular berupa gudik (Schabies) terakhir ini,” ucapnya sedih kepada Penyuluh Pertanian Dliyaudin, Mantri Tani Kecamatan Mukok, Abang Nazarudin dan Petugas Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Sanggau, Dani, Selasa (15/01) tengah hari.

Dikatakannya, selain kwatir dirinya juga merasa yang diusahakannya berakhir sia sia sehingga perlu penanganan serius agar tidak berakibat fatal dan menular ke ternak kambing tetangganya.

“Saya langsung hubungi penyuluh pendamping desa. Alhamdulillah, saat ini pak mantan dan petugas kesehatan hewan bisa melihat langsung,” katanya senang.

Penyuluh pertanian desa Semanggis Raya, Dliyaudin mengungkapkan, sebagai petugas dirinya memahami kesedihan petani dan peternak. Oleh itu, ada masalah ia langsung koordinasikan dengan pihak terkait.

“Ini tugas kita untuk mencari solusi agar penyakit atau wabah seperti ini dapat segera diatasi dan diobati,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Mantri tani Mukok, Abang Nazarudin. Ia berharap masalah yang ada di desa terkait pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan dapat disampaikan kepada penyuluh.

“Jangan sampai dibiarkan, sampaikan saja masalah yang ada. Jangan sungkan bertanya atau mengemukakan masalah. Nanti kalau penyuluh tidak tahu, maka akan disampaikan kepada pihak terkait yang mengetahui,” jelasnya.

Sementara itu, ditengah memantau dan memeriksa kondisi kambing, petugas kesehatan hewan, Dani berpesan agar kandang kambing dijaga kebersihannya. Jika ada yang berpenyakit agar segera dipisahkan dari yang sehat untuk menghindari penularan.

Dani juga memberikan suntikan dan vitamin pada 9 ekor kambing yang berpenyakit gudikan (scabies) yang diharapkan penyakit dapat segera sembuh dan pemilik tidak kuatir lagi.

“Kita berikan suntikan anti scabies. Semoga setelah disuntik kuman kutu virus segera mati dan kambing bisa hidup normal dan sehat,” paparnya.

Sebelumnya, di hari yang sama, para petugas ini juga memantau dan memeriksa kesehatan ternak sapi di desa Semanggis Raya, pada kelompok tani Mandiri.(mj)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed