by

Tari Kolosal Popa Eyato Menghentak di FPDL 2018

GORONTALO – REPORTASE.ID, Penampilan para penari kolosal ‘Popa Eyato’ menghentak pada opening ceremony festival pesona Danau Limboto 2018, Kamis malam (20/9), di pesisir Danau Limboto. Di atas panggung berdekorasi ‘paluwala’ (mahkota khas raja-raja Gorontalo), sebanyak 150 penari mengisahkan perang antara kerajaan Limutu – Hulonthalo yang berujung perdamaian. Dalam sejarah Gorontalo, Raja Popa dari Limutu, dan Raja Eyato dari Hulonthalo melempar dua buah cicin emas yang saling bertaut sebagai tanda perdamaian, setelahnya kedua daerah pun terikat tali persaudaraan.

Para penari kolosal itu terdiri dari kalangan siswa, mahasiwa, dan juga ASN. Tarian kolosal oleh muda-mudi beroleh apresiasi Wakil ketua calender of event pesona pariwisata 2018, Putu Ngurah. Ia menilai kreasi seni generasi muda Gorontalo patut dikembangkan untuk mendukung pesona wisata di Indonesia.

Putu Ngurah, yang juga mewakili Menteri Pariwisata RI dalam pembukaan kegiatan tersebut, mengemukakan, hasil seleksi oleh berbagai budayawan wisata tahun ini menyatakan Festival Pesona Danau Limboto layak sehingga masuk pada daftar event 100 kalender Wisata Nasional dan Go Internasional. Putu Ngurah berharap kegiatan tersebut akan mendukung upaya Pemerintah Pusat dalam mengenalkan potensi wisata Indonesia secara universal.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo ditengah sambutannya, mengungkapkan kebanggaan Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo karena beroleh kepercayaan sebagai salah satu daerah penyelenggara event 100 kalender wisata nasional dan go internasional di Indonesia.

Danau Limboto, jelasnya, merupakan icon Gorontalo yang akan terus dikembangkan dari bidang pariwisata. Maka event Festifal Pesona Danau Limboto tahun 2018 ditargetkan mampu memainkan peran dalam mendukung promosi wisata.

Beberapa  agenda digelar Panitia untuk mewarnai event tahun ini, antaranya, Sajian kuliner khas daerah, Fun bike, Dulamayo adventure, Color run, Pameran lomba foto dan video serta penyelenggaraan simposium Danau Limboto.

Opening ceremony dihadiri segenap Pejabat Daerah Gorontalo dan Jajaran Kementerian Pariwisata RI yang telah memberikan dukungan penuh dalam pelaksanaan event Festival Pesona Danau Limboto 2018 di Kabupaten Gorontalo.  (Jn/https://gorontalokab.go.id/tari-kolosal-popa-eyato-menghentak-di-fpdl-2018/)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed