by

Minta Penyuluh Mukok Andil Susun Neraca Bahan Makanan

SANGGAU – REPORTASE.ID, Untuk mengetahui ketersediaan Bahan Makanan yang ada di desa dan Kecamatan perlu disusun input data Neraca Bahan Makanan (NBM) di tingkat desa terutama di Kecamatan Mukok, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Setelah data NBM desa terupdate kemudian direkap menjadi data Kecamatan dan diteruskan ke jenjang Kabupaten, Provinsi hingga pusat.

Demikian dijelaskan Dliyaudin, penyuluh pertanian desa Semanggis Raya selaku tim pelaksana pengumpul data Kewaspadaan Pangan di Kecamatan Mukok kepada rekan rekan penyuluh, TU dan jajaran koramil di BP3K Mukok, Kamis (30/08).

Diungkapkannya, untuk menyusun dan mengisi data NBM, telah disiapkan aplikasi siap pakai data excel sehingga memudahkan penyuluh dalam menggunakannya.

“Ini sudah ada aplikasinya, rekan rekan penyuluh dapat menggunakannya. Nah, seperti ini dan tinggal mengisi saja,” tegasnya sambil menunjukkan aplikasi dimaksud.

Selain itu, penyuluh juga diharapkan menyiapkan data penduduk dan produksi Gabah Kering Giling di wilayah binaan untuk memudahkan dalam menghitung analisis ketersediaan bahan makanan di desa.

“Saya harap rekan rekan penyuluh berperan aktif sehingga ketersediaan dan kebutuhan pangan yang ada di desa dan kecamatan dapat diketahui lebih cepat,” tutupnya. (Mj)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed